Apa itu SEO & Apa Saja Strategi SEO?

Bagi mereka yang terbiasa bergelut di dunia digital pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization). SEO biasanya digunakan untuk meningkatkan performa sebuah website yang pada akhirnya akan membuat brand Anda semakin dikenal dan menghasilkan penjualan. 

Apa Itu SEO? 

Sebenarnya apa itu SEO? SEO adalah sebuah upaya untuk meningkatkan peringkat halaman sebuah website di search engine. Dengan meningkatnya posisi halaman website, tentunya akan mendongkrak jumlah pengunjung atau traffic, semakin banyak pengunjung yang datang ke website otomatis semakin tinggi juga kesempatan produk Anda terjual.       

Apa Saja Strategi SEO?   

Tentu ada banyak sekali strategi SEO yang bisa dilakukan, namun umumnya ada tujuh poin utama yang bisa dilakukan, berikut diantaranya.  

1. Membuat Struktur URL yang Sederhana  

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuat struktur url yang sederhana dan logis. Semakin sederhana url yang Anda buat, semakin mudah pula Google atau search engine mengenali website Anda. Biasanya struktur url dibuat dengan urutan nama domain kemudian judul halaman yang dibuat. 

2. Membuat Topik Konten

Buatlah konten yang relevan pada halaman yang ingin Anda optimasi, misalkan jika halaman tersebut ingin membahas tentang profil perusahaan, maka Anda jangan membuat konten yang membahas tentang produk yang ingin dijual.

Jangan lupa saat membuat konten untuk memperhatikan struktur konten seperti menggunakan heading dan subheading, buatlah konten dengan detail dan dapat menjawab rasa keingintahuan dari pembaca. Agar lebih menarik, jangan lupa untuk menambahkan foto dalam konten tersebut.   

3. Meta Tag 

Jangan lupa untuk membuat meta tag, hal ini sengaja dilakukan agar mesin pencari bisa mengenali konten Anda dengan mudah. Meta tag sendiri terdiri dari meta title, meta description ataupun meta keyword.      

4. Backlink

Salah satu strategi SEO yang kerap dilakukan oleh praktisi SEO adalah menggunakan backlink. Yakni dengan menaruh atau menempatkan link website Anda di website lain. Hal ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas website yang ingin Anda optimasi.     

5. Internal Link   

Strategi SEO lainnya adalah dengan menggunakan internal link, yakni dengan cara menaruh link website di salah satu halaman website yang sama. Internal link dilakukan untuk menghubungkan antara halaman satu dengan halaman yang lain, serta membantu Google untuk bisa mengindex dua halaman sekaligus. 

6. Perhatikan Kecepatan Website

Jangan lupa untuk memperhatikan kecepatan website, semakin cepat website Anda maka semakin besar pula kesempatan posisi halaman website menjadi bagus. Selain itu, website yang cepat juga akan mengurangi bounce rate

Writer: Novriyadi

Comments: