Cara Sederhana Membuat Website Mobile Friendly
Perhatikan Poin Nomor 3!

Banyaknya pengguna smartphone di zaman now membuat orang-orang lebih suka mengakses internet melalui perangkat seluler (mobile site). Alasannya sendiri tentu karena sifat praktisnya. Perilaku tersebut tentu seakan menjadi trigger bagi para pemilik website, baik itu perusahaan, unit usaha, hingga blogger untuk membuat website mobile friendly. 

Ditambah lagi persyaratan dari Google yang menyebutkan faktor pengaturan mobile-friendly pada website dapat mempengaruhi bisa atau tidaknya ia berkompetisi di pencarian Google (Google SERP). Jika tidak membuat website mobile friendly, website bisa saja mendapat peringkat buruk hingga dihilangkan di Google SERP.

Untuk Anda para pemilik website, pertanyaannya sekarang apakah website Anda sudah mobile friendly? Jika belum atau ragu-ragu, sejumlah cara membuat website mobile friendly pada artikel ini mungkin dapat membantu Anda

Langkah Membuat Website Mobile Friendly

Mengatur Tampilan Website yang Responsif 

Cara pertama dan utama hadir dari pengaturan tampilan website responsif. Website yang responsif (responsive website) sendiri merupakan website dengan tampilan dinamis yang menyesuaikan dalam mode desktop, tablet, serta smartphone.

Menjadikan website yang responsif seharusnya telah dilakukan sejak awal membangun website. Mudah Anda lakukan jika menggunakan CMS seperti wordpress, joomla, dsb. 

Optimalkan Ukuran Gambar

Sebagai pemanis elemen visual pada website, gambar atau image adalah konten yang paling banyak digunakan. Mirisnya, tidak sedikit pula para webmaster/blogger yang tidak mempedulikan ukuran gambar dengan dalih turunnya kualitas visual saat dilihat.

Gambar yang tidak dikompresi dalam ukuran tertentu faktanya tidak hanya memperbanyak penggunaan memori disk server, tetap secara otomatis membuat website menjadi lambat. Apalagi dalam mode seluler khususnya.

Ubah Font Menjadi Sederhana

Jenis dan ukuran font yang ringan dan sederhana dapat memberikan pengalaman mobile-friendly website lebih baik jika dibandingkan font artistik/dekoratif sekalipun itu termasuk dalam Google font.

Buat Menu Sederhana

Membuat menu yang sederhana tentu akan lebih memberikan user experience yang lebih menyenangkan. Alasannya tentu untuk mempermudah user dalam menemukan apa yang ia perlu dalam website yang Anda kelola. Sangat berkaitan dengan poin no.1, langkah ini dapat dilakukan bersamaan saat melakukan pengaturan tampilan website yang responsif via CMS. Triknya sendiri antara lain;

  • Membatasi menu dan pilihan masuk ke halaman
  • Membuat sticky menu navigation
  • Setiap elemen yang berkaitan dengan call to action seperti button dibuat dengan visual sederhana dengan kata-kata yang singkat dan jelas

Menggunakan AMP

Menggunakan Google Accelerated Mobile Pages (Google AMP) telah teruji membuat website sangat cepat terbuka dalam mode seluler (mobile). Jika menggunakan CMS seperti WordPress, AMP ini dapat ditemukan dalam plug ins yang tersedia.

Penulis: Zico Rizki