5 Perbedaan Blog dan Website, Jelas dan Terperinci!

Sebagai pelaku bisnis online, kamu harus mengetahui platform apa saja yang harus digunakan untuk mempresentasikan bisnis online kamu. Social media management tidaklah cukup, kamu juga harus aktif di platform lain, seperti blog atau website. Dua nama ini seringkali terdengar. Tetapi apakah kamu tahu perbedaan blog dan website? Ya, keduanya mirip, tetapi nyatanya memiliki perbedaan yang cukup banyak. Jika belum tahu, kamu harus membaca artikel ini sampai habis sehingga kamu dapat memutuskan yang mana yang harus digunakan. Berikut ini adalah penjelasan apa perbedaan website dan blog secara rinci.

Perbedaan Fokus Website & Blog

Sederhananya, website adalah istilah umum untuk menyebut semua situs yang kita akses via browser. Sebagai contoh ada twitter.com, google.com, atau situs lainnya Jika kamu memutuskan untuk menggunakan website, berarti kamu akan berfokus pada konversi (angka penjualan). Supaya bisnis yang kamu jalankan bisa mendapatkan leads tinggi, kamu harus bisa memberikan penjelasan yang rinci serta harga yang affordable ke pengunjung. 

Sehingga, mereka akan tertarik untuk melakukan repeat order.  Sementara pada blog, platform ini berfokus pada pembuatan konten. Apapun jenis kontennya, kamu berharap supaya pengunjung bisa kembali mengunjungi blog kamu lagi. Nah supaya bisa terwujud, kamu harus bisa membuat konten yang berkualitas sehingga bisa dinikmati oleh pengunjung.  Sebagai contoh, jika kamu melihat halaman blog pada Binocular Indonesia yang berfokus pada pembuatan konten artikel.

Perbedaan Gaya Bahasa Blog & Website

Setiap website dan blog memiliki gaya bahasanya masing-masing, semua tergantung kepada pasar bisnis online yang kamu tuju. Tetapi, gaya bahasa website lebih formal dan to the point. Hal tersebut dikarenakan pengunjung yang datang akan langsung menuju produk yang ditawarkan.

 

Mereka menghindari bahasa yang bertele-tele. Sementara gaya bahasa pada blog jauh lebih casual dan hangat karena tujuan pengunjung adalah untuk menikmati konten yang ada di dalamnya.

Perbedaan Arah Komunikasi Blog dan Website

Pada arah komunikasi, website dan blog juga berbeda. Jika kamu mengunjungi website, tujuannya adalah untuk mendapatkan sebuah produk dengan harga yang affordable. Dengan begitu, tidak ada bonding antara kamu dengan pemilik website.   Berbeda dengan blog memiliki arah komunikasi dua arah. Di setiap konten blog, kamu akan menemukan kolom komentar dengan tujuan memberi feedback. Pemilik blog mengharapkan feedback baik terhadap konten yang mereka buat dan bonding pun juga terjalin.

Perbedaan Blog dan Website pada Intensitas Update

Sebagai pemilik blog, kamu harus rajin update konten artikel karena pengikut blog kamu tentu menunggu postingan terbaikmu. Sementara pada website, kamu tidak perlu update terlalu sering tentang produk yang kamu tawarkan karena kembali lagi ke tujuan website, yakni menampilkan dan mengarahkan. Paling saja kamu hanya perlu melakukan update saat harga pasar sedang naik atau turun.

Perbedaan Blog dan Website pada Tujuan Berlangganan

Membuat fitur “tujuan berlangganan” pada website dan blog juga penting. Tetapi tujuan fitur ini tentu berbeda. Saat kamu menggunakannya pada blog, tujuannya adalah untuk memberi notification saat kamu baru saja mem-publish konten artikel terbaru.

Sementara untuk kamu yang menggunakan fitur tujuan berlangganan pada website, tujuannya adalah memberi notification saat produk bisnis online kamu mengadakan penawaran spesial atau promo menarik. Nah sekarang kamu sudah tahu tentang perbedaan website dan blog, kan? Tentunya keduanya memiliki peran penting pada pemasaran online. Jadi, jangan salah memilih lagi, ya!

Writer: Muhamad Gufron